Hari pertama Idul Adha, pasukan Israel menyerang jemaah Palestina di Al-Aqsa

Organisasi-organisasi ekstremis Yahudi telah menyerukan penggerebekan besar-besaran terhadap Al-Aqsa selama sepekan terakhir.

BY 4adminEdited Mon,12 Aug 2019,07:41 AM

MEMO - Yerusalem

Yerusalem, SPNA - Pasukan Israel menyerang jemaah Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsha pada hari Minggu (11/08/2019), melukai setidaknya 37 orang, menurut seorang pejabat Palestina, seperti diwartakan Anadolu Agency.

"Sejumlah warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan pasukan Israel di dalam kompleks masjid Al-Aqsa," kata Firas al-Dibs,  juru bicara Otoritas Wakaf Keagamaan Yerusalem yang dikelola oleh Yordania di Yerusalem.

"Warga Palestina terluka ketika mereka mencegah pemukim Yahudi menyerbu masjid," tambahnya.

Sementara itu, Bulan Sabit Merah Palestina, mengatakan bahwa 37 warga Palestina terluka setelah pasukan Israel menyerang jamaah dengan peluru karet, gas air mata dan pentungan.

"Para jamaah mengalami luka sedang dan 14 dari mereka dipindahkan ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut," tambahnya.

Sebelumnya, polisi Israel telah mencegah pemukim menyerbu Masjid Al-Aqsa, media Israel melaporkan.

Polisi menyebutkan kehadiran puluhan ribu jamaah Palestina dan kemungkinan terjadinya bentrokan.

Wakaf Islam di Yerusalem memutuskan untuk menunda sholat Ied dari pukul 06:30 menjadi pukul 06:30 pagi waktu setempat, sebagai tanggapan atas seruan para pemukim untuk menyerbu Al-Aqsa dalam apa yang disebut "memori kehancuran Kuil."

Organisasi-organisasi ekstremis Yahudi, yang dikenal luas sebagai kelompok-kelompok Temple Mount, menyerukan penggerebekan besar-besaran terhadap Al-Aqsa selama sepekan terakhir.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama perang Timur Tengah 1967.

Dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional, Israel mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, kemudian  mengklaimnya sebagai ibu kota negara yang "abadi dan tak terbagi" yang diproklamirkan oleh negara Yahudi.

Suci bagi umat Islam, Kristen, dan Yahudi, Yerusalem adalah rumah bagi Masjid Al-Aqsa, yang bagi umat Islam mewakili situs tersuci ketiga di dunia. Orang-orang Yahudi menyebut daerah itu sebagai "Gunung Bait Suci," mengklaim bahwa itu adalah situs dari dua kuil Yahudi terkemuka di zaman kuno, juga mencakup Gereja Makam Suci, salah satu situs Kristen paling suci di dunia.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply