LSM: 24 Juta Anak-anak di Wilayah Konflik Butuh Dukungan Kesehatan Mental

Hal ini dipengaruhi oleh kenangan tentang peristiwa yang diderita anak-anak atau kehilangan orang yang dicintai serta keterlambatan dalam mdiagnosis dan penanganan masalah kesehatan mental mereka.

BY 4adminEdited Wed,11 Sep 2019,03:37 PM

London

London, SPNA - Sekitar 24 juta anak yang tinggal di daerah konflik akan memerlukan dukungan kesehatan mental, Save the Children memperingatkan dalam sebuah laporan yang dirilis pada Selasa (10/09/2019).

Badan amal itu mengatakan, “142 juta anak-anak hidup di zona konflik dengan lebih dari 1.000 kematian terkait pertempuran dalam setahun. Diperkirakan hampir seperlima orang yang hidup dalam dan mengungsi akibat konflik akan membutuhkan dukungan kesehatan mental - dengan tambahan 5% kemungkinan akan mengalami gangguan kesehatan mental yang parah."

Akibatnya, anak-anak dapat menderita berbagai masalah kesehatan mental dan psikososial. Save the Children memperingatkan hal ini dapat mengarah pada "perilaku menyerang dan penarikan diri mereka dengan teman sebaya dan anggota keluarga."

Bukan hanya kenangan tentang peristiwa yang diderita anak-anak, atau kehilangan orang yang dicintai yang memengaruhi kesehatan mental mereka, kata badan amal itu, tetapi keterlambatan dalam mendiagnosis dan menangani masalah kesehatan mental dapat memiliki efek buruk pada kesehatan dan kesejahteraan mereka.

"Ketika anak-anak mengalami kesulitan yang kuat, sering atau berkepanjangan tanpa dukungan pengasuh yang memadai, ini dapat membawa pada konsekuensi negatif yang serius dan abadi pada perkembangan kognitif dan regulasi emosional, yang berpotensi mengakibatkan dampak seumur hidup pada kesehatan mental dan fisik anak," kata laporan itu.

“Anak laki-laki dan perempuan dalam konflik melihat keluarga dan teman mereka mati. Mereka juga menyaksikan rumah dan sekolah mereka dibom...Jika mereka mengalami masalah kesehatan mental dan kesusahan, ini adalah reaksi yang sepenuhnya normal terhadap keadaan ekstrim dan abnormal,” kata Direktur Kampanye Global Save the Children, Direktur Advokasi dan Komunikasi, Kitty Arie.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir