Al-Aruri: Hamas dan Iran punya tujuan yang sama

Jalur Gaza, SPNA - Wakil kepala biro politik Hamas Sheikh Saleh al-Aruri, mengatakan bahwa hubungan Hamas dan Iran mengalami kemajuan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir dimana .....

BY 4adminEdited Wed,25 Oct 2017,09:01 AM

Jalur Gaza, SPNA - Wakil kepala biro politik Hamas Sheikh Saleh al-Aruri, mengatakan bahwa hubungan Hamas dan Iran mengalami kemajuan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir dimana Teheran mendukung pencapaian rekonsiliasi Palestina.

"Hubungan antara kita dan saudara-saudara di Iran mengalami kemajuan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir," kata Aruri dalam sebuah wawancara eksklusif Senin, (23/10/2017) dengan Pusat Informasi Palestina (PIC).

"Bagi warga Iran, isu Palestina adalah isu sentral. Pada saat yang sama  bagi kami Palestina adalah prioritas utama karena itu sangat wajar jika kami memperkuat hubungan dengan mereka. "

Jumat lalu petinggi Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) yang dipimpin al-Aruri tiba di Teheran, serta mengadakan serangkaian pertemuan dengan pejabat senior Iran.

Dasar hubungan Hamas - Iran

Al-Aruri mengatakan bahwa hubungan Hamas dan Iran didasari dukungan terhadap hak dan perjuangan rakyat Palestina. Ia menambahkan bahwa Iran tidak menyembunyikan kepentingan apapun serta mendukung pemulihan hak-hak warga Palestina dan perlawanan rakyat.

‘’Hubungan Hamas dan Teheran dibangun berdasarkan prinsip negara yang mendukung hak-hak rakyat Palestina dan perlawanan terhadap pendudukan Israel".

Hamas melalui kebijakannya, menyatakan siap membangun hubungan dengan pihak yang siap mendukung pemulihan hak bangsa Palestina tanpa infiltrasi dalam urusan dalam negeri.

‘’Kami siap  membangun hubungan dengan siapapun baik dalam level politik, nasional serta melakukan kerjasama regional dan internasional untuk menghadapi imperalis."

Tujuan Hamas ke Iran

"Setelah penandatanganan perjanjian rekonsiliasi di Kairo, kami merasa perlu memberi tahu saudara kami di jazirah Arab dan Islam tentang kesepakatan rekonsiliasi yang telah dicapai, serta menyerukan semua pihak untuk mendukung langkah menyatukan Palestina,’’ ujarnya.

Paska penandatangan rekonsiliasi di Cairo, Ketua Biro Politik Hamas Ismail Haniya menghubungi sejumlah pemimpin negara-negara Arab dan Islam.  Kunjungan ke Iran juga bertujuan untuk konsultasi terkait situasi di Palestina karena Iran tercatat selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina  dengan segala cara.

"Saudara-saudara kami di Iran mendukung langkah-langkha mencapai rekonsiliasi nasional demi kepentingan rakyat, ‘’ tutupnya. (T.RS/S:PIC)

leave a reply
Posting terakhir

Jihad Islam: Israel Gagal Capai Tujuan pada Agresi 2008 dan Perlawanan Masih Berlanjut

Jihad Islam juga mengklarifikasi, dalam sebuah pernyataan bahwa perlawanan masih menjadi tema perjuangan, di mana demonstrasi rakyat Palestina menentang kejahatan Israel terus berlangsung. Jihad Islam menyatakan bahwa demontrasi ini adalah bentuk ekspresi asli rakyat dan bangsa Palestina, serta mewakili nilai-nilai ketabahan, kesabaran, dan pembangkangan rakyat Palestina.