Mesir desak Israel untuk hentikan "eskalasi" di Gaza

Kairo, SPNA - Mesir melakukan kontak dengan Israel sebagai upaya untuk menghentikan "eskalasi" Isralei di Jalur Gaza, ...

BY 4adminEdited Tue,13 Nov 2018,10:40 AM

Kairo, SPNA - Mesir melakukan kontak dengan Israel sebagai upaya untuk menghentikan "eskalasi" Isralei di Jalur Gaza, sumber Mesir melaporkan.

"Mesir memberi tahu pihak berwenang Israel tentang perlunya menghentikan eskalasi di Jalur Gaza dan untuk mematuhi jalannya ketenangan dan kemajuan yang dicapai selama periode lalu," kata Al-Ahram dan Akhbar Al-Youm yang dikutip oleh negara bagian, mengutip pernyataan dari sumber dari petinggi Mesir yang tidak disebutkan namanya pada Senin malam (12/11/2018).

Sumber tersebut juga menekankan ada kontak lanjutan dengan para pemimpin faksi Palestina di Jalur Gaza guna mencapai gencatan senjata.

"Semua perangkat negara Mesir khawatir dan mengikuti situasi di Jalur Gaza," tutur  sumber itu.

Upaya Mesir ini datang setelah Israel meluncurkan serangan udara terhadap Gaza pada Senin malam setelah roket ditembakkan terhadap permukiman Yahudi.

Tiga orang Palestina gugur dalam serangan itu dan sembilan orang lainnya terluka.

Militer Israel mengatakan, 200 roket ditembakkan dari Gaza sejak Senin tetapi sistem pertahanan udara negara itu, Iron Dome, mencegat 60 orang dengan sebagian besar sisanya jatuh di tanah kosong.

Dalam beberapa pekan terakhir, para pejabat Mesir telah terlibat dalam kebingungan diplomasi antar-jemput antara Gaza, Tepi Barat dan Israel, di mana mereka mengadakan sejumlah pertemuan dengan Hamas, Fatah dan para pejabat Israel.

Pembicaraan itu bertujuan untuk memadamkan gencatan senjata antara Israel dan Hamas dan mencapai tingkat rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah.

(T/RA/S: Anadolu Agency)

leave a reply