Ketua Parlemen Israel: Solusi dua negara sudah basi

Tel Aviv, SPNA - Ketua Parlemen Israel, Yuli-Yoel Edelstein mengatakan bahwa istilah solusi dua negara sudah basi, dan tidak sesuai ...

BY 4adminEdited Tue,08 Jan 2019,09:34 AM

Tel Aviv, SPNA - Ketua Parlemen Israel, Yuli-Yoel Edelstein mengatakan bahwa istilah solusi dua negara sudah basi, dan tidak sesuai dengan fakta politik hari ini.

Edelstein dalam wawancara dengan surat kabar Israel mengatakan: ‘’Kita akan berperang melawan para teroris baik di utara atau selatan.”

 “Saya yakin siapapun tak akan mampu menetapkan batas negara Israel dan Palestina sesuai dengan solusi dua negara. Langkah tersebut secara sederhana tidak lagi cocok untuk diterapkan, ‘’ ujarnya seperti dilansir Maannews, Senin (07/01/2018).

Terkait situasi di utara wilayah Palestina yang diduduki Israel, anggota partai berkuasa, Likud, tersebut menegaskan bahwa pemerintah Israel tidak akan membiarkan pengaruh Iran di wilayah tersebut.

“Kami juga akan memerangi Hamas yang menguasai Gaza serta mengerahkan segala cara melindungi pemukim Israel yang tinggal di Selatan.”

“Saya tak yakin kita berperang dengan 2 juta teroris di Gaza.  Kami harus mengaku bahwa kita menghadapi warga sipil. Setidaknya kami harus memastikan mereka dapat hidup, ‘’ terangnya.

Solusi dua negara adalah salah satu opsi untuk mengakhiri konlik Arab – Israel. Solusi tersebut menyerukan untuk dibuatnya dua negara Palestina berdampinghan dengan Israel.

Meskipun demikian perbatasan antar negara masih diperdebatkan dimana pemerintah Palestina menginginkan perbatasan sesuai batas tahun 1967 yang ditolak oleh Israel.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir

Anggota Parlemen Israel berjanji akan dirikan pemerintahan Yahudi bersatu dan menggagalkan solusi dua negara

Dalam petisi tersebut mereka menulis: ‘’Kami berjanji akan setia dengan Israel serta tidak membiarkan tanah ini direbut walaupun hanya sejengkal. Kami  berjanji setia dengan rencana pembangunan hunian untuk 2 juta Yahudi di Tepi Barat sesuai dengan program  Mantan Perdana Menteri Yitzhak Shamir. Kami juga berjanji untuk mengakhiri solusi dua negara dan mendirikan negara Israel bersatu.