Mesir tuan rumah Piala Afrika 2019

Kairo, SPNA - Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), Selasa (08/01/2019), menunjuk Mesir sebagai tuan rumah perhelatan .....

BY adminEdited Wed,09 Jan 2019,12:48 PM

Kairo, SPNA - Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), Selasa (08/01/2019), menunjuk Mesir sebagai tuan rumah perhelatan Piala Afrika tahun 2019.

Kabar gembira tersebut ikut disebarkan Asosiasi Sepak Bola Mesir melaui akun Facebooknya. Mesir disebutkan memperoleh 16 dukungan dari total 18 suara.

Awalnya, Piala Afrika tahun ini seharusnya diadakan di Kamerun. Namun CAF membatalkannya bulan lalu karena lambanya persiapan negera tersebut untuk menyambut turnamen besar ini.

Media lokal Mesir melaporkan, bahwa pertemuan untuk menentukan tuan rumah Piala Afrika tersebut seharusnya dihadiri oleh 20 utusan negara. Namun dua negara batal hadir sehingga, suara yang terkumpul hanya 18 suara.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Mesir, Asyraf Subhi, dalam sebuah pernyataan di saah satu stasiun TV Mesir mengatakan, mendapatkan 16 dukungan dari total 18 suara merupakan kepercayaan yang sangat besar. Kesempatan ini akan menjadi hadiah terbesar bagi masyarakat Mesir yang sangat mencintai sepak bola.

Kick Off Piala Afrika tahun ini jadwalnya ini akan dilakukan pada 15 Juni mendatang dan berlangsung hingga 13 Juli. Terdapat 24 tim yang akan ikut bertarung menjadi yang terbaik. 24 tim tersebut nantinya akan dibagi ke dalam enam grup, yang merupakan format terbaru Piala Afrika. 

Pada edisi sebelumnya, kejuaraan tersebut hanya diikuti oleh 16 tim saja dan diadakan pada periode Januari-Februari.

Mesir sendiri sudah pernah merasakan menjadi tuan rumah sebanyak empat episode, yaitu pada tahun 1959, 1974, 1986 dan 2006. Negara Piramid tersebut juga telah meraih tujuh gelar juara sekaligus  yang terbanyak dalam sejarah turnamen.

(T.HN/S: Mubasher.Aljazeera)

leave a reply