Muslim Eropa Sambut Pembukaan Masjid Hagia Sophia

Tidak hanya bagi warga Turki, tapi pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid melahirkan kegembiraan bagi seluruh Muslim di dunia.

BY Edited Sun,26 Jul 2020,10:26 AM

Brussels/ Sarajevo/ Stockholm, SPNA - Muslim di seluruh Eropa memuji pembukaan Masjid Hagia Sophia di Turki untuk kembali digunakan sebagai tempat ibadah setelah terhenti selama 86 tahun, sejak bangunan arsitektur bersejarah itu diubah menjadi museum.

Vehbija Secerovic, muazin Masjid Gazi Husrev-Beg yang bersejarah di ibukota Bosnia Sarajevo, berterima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas keputusan tersebut.

Berbicara kepada Anadolu Agency di Brussels, Suleyman Murtaza mengatakan bahwa membuka Hagia Sophia untuk shalat adalah perkembangan yang sangat penting bagi dunia Muslim.

"Saya melihat Erdogan sholat di sana. Saya juga menyaksikannya langsung. Itu luar biasa," katanya.

Muslim Belgia Dema Habib juga memuji langkah ini.

"Saya belum melihat masjid itu, tetapi saya ingin melihatnya," tambah Habib.

Berbicara kepada Anadolu Agency di Stockholm, Karwan Mohammed Abubakir yang berasal dari Irak mengatakan, “Saya sangat senang Hagia Sophia dibuka sebagai masjid lagi. Alhamdulillah, sudah dibuka dengan sholat Jum'at, kami sangat senang.'

'"Kami berterima kasih kepada mereka yang berkontribusi mengubah Hagia Sophia menjadi masjid," kata Ahmed Eltantavi, Muslim Swedia lainnya.

Warisan Islam

Pada 10 Juli lalu, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Keputusan ini membuka jalan untuk penggunaannya sebagai masjid.

Shalat Jumat penuh sejarah pada 24 Juli ditandai sebagai ibadah pertama di sana dalam 86 tahun terakhir.

Sekitar 350.000 orang mengambil bagian dalam shalat Jumat di masjid bersejarah di Istanbul itu.

Sebelum shalat, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membacakan Al-Quran di dalam masjid, dengan memilih ayat-ayat dari Surah Al-Fatihah dan Surah Al-Baqarah.

Selain menjadi masjid yang berfungsi, Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki untuk pengunjung domestik dan asing.

Pada tahun 1985, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Bangunan ini berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun sampai penaklukan Istanbul oleh Kekaisaran Ottoman, dan sebuah masjid dari tahun 1453 hingga 1934 - hampir 500 tahun.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir