Israel Beri Pembebasan Bersyarat Kepada Jurnalis Palestina Lama Ghosheh

“Kasusnya ini berkaitan dengan intimidasi, ancaman dan pencegahan jurnalis untuk menjalankan misi mereka, dan merusak kebebasan berpendapat,” kata Nasser Odeh.

BY 4adminEdited Wed,14 Sep 2022,02:18 PM

Yerusalem, SPNA - Pengadilan pendudukan Israel, pada Selasa (13/09/2022), memutuskan untuk membebaskan bersyarat jurnalis Palestina asal Yerusalem, Lama Ghosheh.

Anggota tim pembela Lama Ghosneh, Nasser Odeh, mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa kantor pengadilan telah memutuskan untuk membebaskan Ghosheh dengan status pembebasan bersyarat dan terbatas, yang mencakup tahanan rumah, tidak menggunakan internet dan telepon pintar.

Nasser Odeh meminta masyarakat dan lembaga hak asasi manusia untuk mendukung Lama Ghosheh sampai kasus penangkapan ini benar-benar selesai.

“Kasusnya ini berkaitan dengan intimidasi, ancaman dan pencegahan jurnalis untuk menjalankan misi mereka, dan merusak kebebasan berpendapat,” kata Nasser Odeh.

Pasukan pendudukan Israel menangkap Lama Ghosheh, pada 4 September, setelah menyerbu rumah keluarganya di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem yang diduduki.

Kantor Penuntut Umum Otoritas Pendudukan Israel mengklaim, dalam sebuah pernyataan, bahwa Lama Ghosheh melakukan wawancara pers dengan tahanan yang baru dibebaskan. Lama Ghosneh menerbitkan foto syuhada Ibrahim Al-Nabulsi yang sedang membawa senjata api, di mana ia mengomentari foto tersebut “Anda adalah panutan dan simbol (perjuangan)”.

Ghosheh adalah ibu dari dua anak, berusia tiga dan lima tahun. Dia bekerja sebagai pekerja lepas untuk beberapa media dan terkenal karena program wawancara online yang menampilkan keluarga dan latar belakang tahanan Palestina di penjara Israel. Ghosheh juga terdaftar sebagai mahasiswi dalam studi pasca sarjana di Universitas Birzeit.

Berdasarkan laporan Persatuan Jurnalis Palestina, pasukan pendudukan dan pemukim Israel telah melakukan 479 pelanggaran terhadap jurnalis Palestina pada paruh pertama tahun 2022.

(T.FJ/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir