Menteri Pertahanan Israel umbar niat untuk menghilangkan dominasi Hamas di Gaza.

Gaza, SPNA - Menteri pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan bahwa sejak pertama kali menjabat 1 Juni 2016, ia memiliki sebuah rencana untuk menjatuhkan otoritas Hamas di Gaza.

BY 4adminEdited Sat,01 Sep 2018,03:46 PM

Gaza, SPNA - Menteri pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan bahwa sejak pertama kali menjabat 1 Juni 2016, ia memiliki sebuah rencana untuk menjatuhkan otoritas Hamas di Gaza. Misi tersebut sudah pernah ia sampaikan kepada dewan Kabinet Israel.

"Dewan Kabinet yang membidangi bagian politik dan keamanan menolak rencana tersebut, tetapi saya terus mendorong mereka" Ucap Lieberman dalam sebuah interview yang dipublish surat kabar  Yedioth Ahronoth.

Dia mengatakan bahwa rencana penghapusan otoritas Hamas masih menjadi tujuan utama Israel. Misi tersebut dimaksudkan untuk menciptakan keamanan negara.

Lieberman menolak masih belum yakin bisa tercipta gencatan senjata dengan Hamas. Dia malah merupakan salah satu tokoh yang mendorong serangan lebih besar ke Gaza.

Sejak Lieberman menjabat sebagai Menteri Keamanan Isarel, serangan Israel terhadap Gaza semakin meningkat. Serangan tersebut menurut Lieberman menyebabkan 200 anggota Hamas tewas dan 5000 pejuang lainnya luka-luka.

Lieberman berulang kali mengatakan bahwa opini untuk menjatuhkan otoritas Hamas di Gaza mari kita serahkan kepada warga Gaza sendiri. Yaitu melalui hubungan yang dibangun dengan para pembesar masyaraat Gaza tanpa diketahui oleh Hamas. Sedangkan opsi menjatuhkan Hamas melalui agresi militer, itu akan memakan biaya yang sangat besar sekali.

‘Yedioth’ menyebutkan kabinet Israel akan mengadakan pertemuan minggu depan, untuk membahas  perkembangan gencatan senjata dengan Hamas di Gaza.

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply
Posting terakhir