Erdogan dan Donald Trump sepakati penarikan pasukan Amerika dari Suriah

Presiden Turki menyepakati keputusan Donald Trump untuk menarik pasukan Amerika dari Suriah. Kedua negara juga menandatangani kerja sama dalam bidang ekonomi dalam jumlah besar.

BY 4adminEdited Fri,22 Feb 2019,03:43 PM

Anadolu Agency - Ankara

Ankara, SPNA – Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan dan Presiden Amerika Donald Trump menyepakati rencana Washington untuk menarik pasukannya dari Suriah. Kabijakan itu disebutkan telah sesuai dengan kepentingan kedua negara.

Kesepakatan tersebutterjalin pasca komunikasi jarak jauh via telepon antara kedua pemimpin negara, Kamis (21/02/2019).

Sumber yang diperoleh dari kantor kepresidenan menyebutkan dalam percakapan tersebut keduanyamembahas perkembangan terakhir di Suriah.Trump dan Erdogan sepakat untuk saling membantu dalam bidang politik terkati Suriah dan pemberantasan terorisme.

Selain itu, Turki juga menyepakati kerjasama terbarunya dalam bidang Ekonomi.Angka perdagangan kedua negara mencapai 75 miliar USD per tahun.

Pada 19 Desember 2018 lalu, Donald Trump mengumumkan kebijakan terbaru untuk menarik pasukannya dari Suriah. Hal tersebut atas dasar bahwa ISIS yang merupakan tujuan keberadaan Amerika di Suriah telah berhasil dimusnahkan.

Sempat terjadi keresahan di pihak Israel pasca pengumuman tersebut. Namun Amerika telah memastikan bahwa Israel tidak akan kehilangan dukungannya dari Washington.

(T.HN/S: Anadolu Agency)

leave a reply
Posting terakhir