OKI membentuk ‘dana abadi’ untuk Palestina

OKI akan membentuk dana abadi untuk memastikan pendanaan berkelanjutan dari kegiatan UNRWA.a

BY 4adminEdited Mon,04 Mar 2019,01:00 PM

Abu Dhabi, SPNA - Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan membentuk dana abadi untuk memastikan pendanaan berkelanjutan dari kegiatan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Dana tersebut, yang disetujui oleh para menteri luar negeri OKI, akan menjadi instrumen keuangan dan beroperasi dalam lingkup Bank Pembangunan Islam (IsDB) yang berbasis di Jeddah, menurut Sekretaris Jenderal OKI Dr. Yousef Al-Othaimeen.

"Dana abadi akan mengumpulkan dana dari negara-negara dan lembaga-lembaga yang memungkinkan UNRWA melaksanakan program bantuan, kemanusiaan, pembangunan, kesehatan dan pendidikan untuk mendukung para pengungsi Palestina," katanya dalam sambutannya di akhir Sesi ke-46 Dewan Menteri Luar Negeri OKI (CFM), yang disimpulkan di Abu Dhabi pada hari Sabtu (02/03/2019).

Tema konferensi ini adalah "50 Tahun Kerjasama Islam: Peta Jalan untuk Kemakmuran dan Pembangunan".

Deklarasi Abu Dhabi, yang dikeluarkan pada akhir pertemuan dua hari, menegaskan komitmen OKI untuk mendukung UNRWA, dan mengundang masyarakat internasional untuk memenuhi komitmennya mengenai masalah Palestina dan pengungsi Palestina.

Ketua OKI mengatakan Deklarasi bahwa itu menegaskan kembali bahwa Palestina adalah masalah utama bagi negara-negara Arab dan Muslim, dan menegaskan kembali posisi OKI untuk berusaha dalam rangka mencapai solusi yang komprehensif dan permanen dan untuk mendirikan Negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, sesuai dengan keputusan legitimasi internasional dan Prakarsa Perdamaian Arab.

Deklarasi Abu Dhabi menyambut upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan memperkuat perdamaian dan keamanan regional di Asia Selatan, memuji upaya yang dilakukan oleh Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, untuk menemukan kesamaan tanah untuk meredakan ketegangan antara India dan Pakistan.

(T.RA/S: Saudi Gazzate)

leave a reply
Posting terakhir