Indonesia bebaskan bea masuk kurma dan minyak zaitun dari Palestina

Guna mendukung pembangunan sosial dan ekonomi rakyat Palestina, Indonesia kini menerapkan kebijakan penghapusan tarif bea masuk untuk kurma dan minyak zaitun dari negara tersebut.

BY 4adminEdited Mon,04 Mar 2019,01:04 PM

Jakarta, SPNA - Indonesia kini telah menerapkan kebijakan penghapusan tarif bea masuk untuk kurma dan minyak zaitun dari Palestina. Ini merupakan komitmen berkelanjutan untuk mendukung pembangunan sosial dan ekonomi rakyat Palestina.

Dengan kebijakan ini, masyarakat Indonesia akan dapat mengkonsumsi kurma yang diimpor langsung dari Palestina selama bulan suci Ramadhan mendatang, yang jatuh pada pada Mei-Juni. Penghapusan tarif merupakan langkah penting untuk peningkatan hubungan perdagangan bilateral Indonesia-Palestina.

Penghapusan bea masuk untuk kurma dan minyak zaitun dari Palestina diharapkan memberikan alternatif pilihan yang lebih kompetitif bagi konsumen dan industri dalam negeri di Indonesia.

"Diharapkan juga kebijakan ini bisa meningkatkan daya saing produk-produk Palestina," kata Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita dalam siaran pers pada hari Jumat (01/03/2019).

Lukita mengungkapkan bahwa ketentuan tentang penghapusan tarif untuk dua produk Palestina tersebut telah aktif sejak 21 Februari 2019, yang ditandai dengan pengiriman nota diplomatik oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia ke Palestina.

Tindakan itu, diumumkan pada Desember tahun lalu, pada awalnya dijadwalkan akan dimulai pada Januari 2019.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menunjukkan total perdagangan antara Indonesia dan Palestina pada tahun 2018 mencapai US $ 3,5 juta, yang terdiri dari ekspor Indonesia sebesar US $ 2,8 juta, meningkat 34 persen dibandingkan dengan 2017. Impor berjumlah US $ 727.000, atau naik 113 persen.

Produk Indonesia yang diekspor ke Palestina di antaranya ekstrak, esens, dan kopi, konsentrat teh, roti, kue kering, biskuit, dan peralatan membuat roti; piring, alas dan alat dari karet vulkanisir; dan arang kayu.

Sementara itu, produk utama Indonesia yang diimpor dari Palestina adalah kurma segar atau kering, minyak zaitun dan fraksi zaitun lainnya, sekrup, baut, mur.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

MASYARAKAT INDONESIA BUKA PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS DI PALESTINA, Bantuan dari Rakyat Indonesia untuk warga Gaza

 Pertama pasar sembako gratis digelar oleh masyarakat Indonesia Palestina tepatnya dikota Gaza, ratusan warga Gaza banjiri pasar sembako amanah dari rakyat Indonesia, mereka bebas memilih kebutuhan dan keperluan makanan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, garam, kurma, makarona dengan total 16 item jenis makanan, insya Allah pada Ramadhan 2019 ini kita gelar dengan program sama yaitu PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS dan PASAR SAYUR DAN BUAH GRATIS, ungkap Abdillah Onim-Humanitarian activist and diplomacy Indonesia di Gaza.