Greenblatt Menyerukan Penghentian Bantuan Dana untuk Palestina

Utusan AS untuk Timur Tengah tersebut menganggap bantuan layak dihentikan karena tidak ada kemajuan yang dicapai menuju solusi damai antara Palestina dan Israel.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Mon,07 Oct 2019,01:51 PM

New York, SPNA - Jason Greenblatt, utusan AS untuk Timur Tengah, meminta negara-negara donor untuk menghentikan bantuan dana mereka untuk Palestina. Hal ini, menurutnya, karena tidak ada kemajuan yang dicapai menuju solusi damai antara Palestina dan Israel. Ia juga menyalahkan warga Palestina atas kondisi tidak manusiawi di Gaza, akibat pengepungan Israel.

"Negara-negara donor harus bertanya, mengapa mereka harus terus berjuang mengumpulkan dana," sementara, "dengan jelas mereka melihat Hamas dan Otoritas Palestina menyia-nyiakan peluang yang disediakan dari bantuan itu untuk masa depan yang lebih baik bagi semua warga Palestina," tulis Greenblatt dalam sebuah opini yang dipublikasikan di situs Fox News pada hari Kamis (03/10/2019).

"Ini," tambahnya, adalah karena "Hamas dan PA tidak memanfaatkan dana itu untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi Palestina." Tulisan itu ditulis sebelum pertemuan donor di New York pada hari Kamis, yang dikenal sebagai Komite Penghubung Ad Hoc, yang bertemu di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB.

Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru diterbitkan menyoroti urgensi untuk menyelesaikan krisis fiskal berkelanjutan yang dihadapi oleh PA dan untuk mendukung ekonomi Palestina.

Israel telah mengepung Gaza sejak 2006, setelah Hamas memenangkan pemilihan legislatif. Pengepungan itu bertujuan untuk menjaga warga Gaza tetap hidup, dengan kebutuhan hidup yang cukup hanya untuk membuat mereka tetap hidup. Negara pendudukan juga mengebom daerah kantong itu dari waktu ke waktu, berusaha menjaga agar jumlah populasinya tetap terkendali.

(T.RA/S:QNN)

leave a reply