Untuk Kedua Kalinya, Pasukan Israel Menghancurkan Rumah Seorang Tahanan Palestina

Penghancuran rumah keluarga merupakan bentuk hukuman lain terhadap para tahanan Palestina yang mendekam di penjara-penjara Israel.

BY 4adminEdited Mon,13 Jan 2020,01:20 PM

Jenin

Jenin, SPNA - Pasukan Israel hari Minggu (12/01/2020) memerintahkan penghancuran rumah milik keluarga tahanan Palestina Ahmad Jamal Qunbu. Langkah ini merupakan bentuk hukuman yang dikenakan kepada tahanan asal kota Jenin di Tepi Barat yang diduduki tersebut.

Kepada WAFA, Ayah Ahmad mengatakan bahwa pihak berwenang Israel menyerahkan kepadanya surat yang menyampaikan perihal penghancuran tersebut. Sebelumnya, pada April 2018 lalu, rumah itu pun telah dihancurkan dengan alasan karena sang putra terlibat dalam pembunuhan seorang pemukim Israel.

Dia menambahkan bahwa rumah itu, yang dijadwalkan untuk dihancurkan pada hari Selasa depan, tidak hanya dimiliki olehnya tetapi juga oleh saudara lelakinya yang cacat, dan dihuni oleh tujuh anggota keluarga.

Pihak berwenang Israel menuduh Ahmad membantu almarhum Ahmad Nasr Jarrar dalam pembunuhan pemukim Israel di luar permukiman ilegal Havat Gilad, di sebelah barat Nablus di Tepi Barat, pada Januari 2018.

Akibatnya, tiga rumah milik keluarga dan kerabat Jarrar dihancurkan.

Israel memilih menghancurkan secara ilegal rumah-rumah keluarga Palestina mana pun - sebagai sarana pencegahan - yang dituduh terlibat dalam serangan terhadap pemukim. Sebaliknya, 'kebijakan' ini tidak digunakan terhadap pemukim Israel yang terlibat dalam serangan fatal terhadap warga Palestina.

B’Tselem, sebuah kelompok hak asasi manusia Israel, mengatakan, "Orang-orang yang menanggung beban penghancuran (hukuman) itu  adalah kerabat - termasuk wanita, orang tua, dan anak-anak - yang  tidak curigai terlibat dalam pelanggaran apa pun."

"Dalam sebagian besar kasus, orang yang tindakannya mendorong pembongkaran bahkan tidak tinggal di rumah pada saat pembongkaran," tambah kelompok itu.

"Tujuan resmi dari kebijakan penghancuran rumah adalah pencegahan ... namun efek jera dari penghancuran rumah tidak pernah terbukti."

(T.RA/S: WAFA)

leave a reply