Wakil koordinator khusus untuk urusan Perdamaian PBB tiba di Gaza

Delegasi utusan PBB urusan perdamaian Timur Tengah tiba di Gaza untuk menyaksikan langsung proses perdamaian yang sedang berjalan di wilayah tersebut.

BY Edited Thu,16 Jan 2020,10:00 AM

Gaza, SPNA - Wakil Koordinator Khusus Urusan Perdamaian PBB untuk Timur Tengah, Jamie McGoldrick, kemarin (Rabu, 15/01), tiba di Gaza melalui perbatasan Beit Hanoun.

Informasi itu didapatkan dari petugas penjaga gerbang perbatasan Beit Hanoun. Turut hadir bersamanya beberapa delegasi lainnya untuk mengecek langsung proses perdamaian yang sedang berlangsung di salah satu wilayah Palestina tersebut.

Wakil dari Nickolay Mladenov (Utusan PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah) tersebut berkunjung dalam rangka meninjau kondisi terakhir Gaza. Ketegangan antara pejuang Gaza dan militer Israel saat ini lumayan mereda pasca penandatanganan kesepakatan gencatan senjata.

PBB, Mesir dan Qatar sejak beberapa bulan terakhir, merupakan pihak yang berhasil menjadi mediator perdamaian antara Israel dan pejuang Palestina Gaza.

Kesepakatan gencatan senjata disepakati dengan syarat Israel harus mau sedikit membuka ruang bagi warga Israel yang hidup di bawah blokade selama 13 tahun.

Di lain pihak, warga Gaza diminta untuk tidak melakukan Unjuk Rasa Perbatsaan (The Great March) yang kerap meresahkan militer penjaga perbatasan.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir

Koordinator PBB kecam pembunuhan dua anak Palestina

Utusan khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah mengecam tindakan keras yang diperlihatkan Militer Israel terhadap demonstran Gaza. Dua anak Palestina meninggal terkena peluru Israel dalam unjuk rasa perbatasan terakhir.