7 Proyek Cagar Alam Israel Caplok 61% Wilayah Palestina

Menteri Pertahanan Israel Naftali Bennet menegaskan proyek cagar alam mengukuhkan otoritas Israel di Palestina di wilayah C, mencakup 61% wilayah Tepi Barat yang secara militer berada dibawah otoritas Israel.

BY Edited Sat,18 Jan 2020,11:38 AM

Tel Aviv, SPNA – Pemerintah Israel menyatakan akan membangun 7 proyek cagar alam di Tepi Barat yang diduduki.

Dilansir The Independent Arabic, (18/01/2019) proyek perdana pemerintah Israel sejak 25 tahun terakhir tersebut ditentang sejumlah lembaga kemanusiaan Israel serta Pemerintah Palestina yang berjanji akan melapor kasus ini ke Pengadilan Kriminal Internasional.

Menteri Pertahanan Israel Naftali Bennet menegaskan proyek cagar alam mengukuhkan otoritas Israel di Palestina di wilayah C, mencakup 61% wilayah Tepi Barat yang secara militer berada dibawah otoritas Israel.

Pembangunan hunian Israel di Tepi Barat secara hukum internasional adalah illegal serta merusak solusi dua negara yang direstui dunia internasional dalam penyelesaian konflik Israel – Palestina.

"Kami berhasil mengukuhkan otoritas Israel di wilayah Palestina, dan akan terus mengembangkan  permukiman Yahudi di wilayah C dengan langkah nyata bukan dengan omong kosong belaka, " ujar Bennet.

Sementara itu gerakan Peace Now Israel yang mengawasi proyek pembangunan hunian illegal Israel, mengatakan  bahwa proyek cagar alam bertujuan merebut sepertiga  wilayah Palestina.

Tel Aviv melalui proyek terlarang ini berupaya mempersulit akses warga Palestina serta  berniat mencaplok Tepi Barat ke wilayah Israel.

Di saat yang sama Pemerintah Palestina juga mengecam keras proyek cagar alam. Kementerian Luar Negeri Palestina menegaskan akan membawa kasus ini ke PBB serta Pengadilan Internasional, seperti dikutip dari Wafanews.

Israel sendiri memilikis 96 cagar alam serta 14 lokasi hiburan nasional di Tepi Barat yang diduduki,  meskipun hal ini secara nyata melanggar aturan internasional.

"Israel membuat seolah-olah wilayah tersebut tidak terjajah dan milik warga Yahudi. Solusi Dua Negara bagaimanapun bentuknya tidak akan mampu mengalihkan 61% wilayah Palestina di Tepi Barat ke Israel, '' tulis The Indendent Arabic.

Berdasarkan hukum internasional, pembangunan hunian Israel di Tepi Barat bagaimanapun jenis dan bentuknya adalah tindakan yang melanggar hukum. "Apa yang terjadi sekarang ini tak lebih dari perebutan wilayah Palestina secara perlahan," tegas gerakan perdamaian Yahudi tersebut.

(T.RS/S:TheIndependent Arabic)

leave a reply
Posting terakhir

Israel Kuasai 36 Wilayah di Tepi Barat dengan Dalih Cagar Alam

Musa mengungkapkan bahwa 11.000 hektar tanah yang diumumkan pendudukan baru-baru ini sebagai cagar alam di daerah Jericho, Al-Jiftlik Selatan, Deir Hajla dan wilayah timur Tayaseer di daerah Tubas, sebenarnya adalah lahan pertanian yang subur milik rakyat Palestina.

Peace Now Umumkan Cagar Alam di Tepi Barat, Bertujuan Rebut Tanah Palestina

Peace Now menunjukkan bahwa deklarasi Tel Aviv terkait kawasan cagar alam akan menambah batasan baru yang membatasi penggunaan tanah oleh orang-orang Palestina. Hal ini dikarenakan pemilik tanah yang tanahnya telah dinyatakan sebagai bagian dari cagar alam tidak dapat membajak, mengolah lahan pertanian, dan melepaskan hewan gembalaan di tanah mereka tanpa persetujuan dari "Petugas Cagar Alam Israel".