Iran: Blokade ekonomi Amerika halangi penanggulangan Covid-19

Otoritas Iran menyebutkan bahwa usaha penanggulangan Corona di negara tersebut terhambat oleh blokade ekonomi Amerika Serikat. Tehran bahkan kewalahan menyediakan peralatan medis yang dibutuhkan dalam penanganan pasien Corona.

BY Edited Sun,15 Mar 2020,11:09 AM

Tehran, SPNA – Presiden Iran, Hassan Rouhani, ajak pemimpin dunia bekerja sama dalam melawan virus Corona (Covud-19). Ia mengatakan, Corona merupakan “tantangan besar” yang tidak mungkin diselesaikan sendiri-sendiri.

“Tehran memiliki masalah serius karena tidak dapat menjangkau pasar modal internasional atau bahkan untuk mendapatkan perlengkapan medis yang dibutuhkan.” Keluhnya.

Rouhani menegaskan blokade ekonomi Amerika telah menghalangi negara tersebut dari usaha penanggulangan Corona.

“Gaya politik (Amerika) yang menyerang struktur ekonomi dan sistem pelayanan kesehatan, serta mempersempit sumber pendapatan negara, sangat berdampak pada kemampuan negara dalam menangani Corona.”

Dalam hal ini Rouhani mengambil kesimpulan bahwa melawan blokade Amerika adalah langkah pertama jika ingin menyelamatkan warga dari  wabah mematikan tersebut.

Sebelumnya, Abbas Al-Musawi, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, sempat menyampaikan terima kasihnya untuk sejumlah negara yang telah suka rela membantu Iran khususnya di waktu sulit seperti ini akibat Corona. Negara-negara tersebut adalah Cina, Turki, UEA, Jerman, Perancis, Inggris, Jepang, Qatar Azerbaijan dan Rusia.

“Pemerintah Iran berikut dengan warga tidak akan pernah lupa jasa saudara-saudaranya yang telah mendukung Iran di saat-saat sulit.” Tulis Al-Musawai dalam cuitan Twitternya.   

Dikutip dari Reuters, Sabtu (14/03), jumlah kematian akibat Corona di Iran telah mencapai 611 orang. Meningkat 100 angka dalam 24 jam terakhir.

(Arabic.rt)

leave a reply
Posting terakhir