Aljazair Tutup Seluruh Masjid Termasuk untuk Shalat Jumat

Dewan Fatwa Aljazair memutuskan untuk meniadakan shalat berjamaah dan jumat, serta penutupan Masjid di seluruh negara untuk sementara waktu. Negara tersebut juga menangguhkan perjalanan ke seluruh Eropa, beberapa negara Arab dan Afrika.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Wed,18 Mar 2020,01:04 PM

Aljir

Aljir, SPNA – Salah satu usaha yang dilakukan sejumlah negara dunia yang terpapar Corona adalah menutup tempat-tempat keramaian. Seperti taman bermain, pantai, sekolah, perkantoran, termasuk Masjid di negara muslim.

Aljazair, Selasa (17/03/2020), mengumumkan kebijakan menutup seluruh masjid dan meniadakan shalat jamaah dan jumat untuk sementara waktu. Juga rumah-rumah ibadah lainnya yang ada di negara tersebut, lapor Alarabiya.

Menteri bidang Agama Aljazair, Youcef Belmehdi, mengatakan bahwa Dewan Fatwa telah mengeluarkan keputusannya untuk meniadakan shalat Jamaah dan Jumat serta menutup masjid di seluruh wilayah. Namun demikian azan akan tetap dikumandangkan di masjid-masjid.

Selain itu ia juga mengajak warga untuk melakukan langkah preventif demi menyelamatkan diri dan keluarga dari wabah Corona.

Selain itu, Senin (16/03/2020), Aljazair baru saja mengeluarkan kebijakan menutup seluruh akses negara, darat dan laut, menuju Eropa, beberapa negara Arab dan Afrika. Langkah  itu akan mulai diterapkan sejak tanggal 19 mendatang.

Adapun negara-negara Arab yang termasuk dalam daftar larangan Aljazair, Mesir, Qatar dan Oman. Sedangkan negara Afrika yaitu Pantai Gading, Mali, Burkina Faso, Mauritania, Niger dan Senegal.

Sampai hari Senin, jumlah korban yang terpapar Corona di negara itu berjumlah 60 orang, meningkat enam orang dalam 24 jam terakhir. Sedangkan warga yang meninggal berjumlah lima orang.

(T.HN/S: Alarabiya)

leave a reply
Posting terakhir