Pembangunan arena skateboard di Tepi Barat

Tepi Barat, SPNA – Jayyous, sebuah desa di wilayah utara Tepi Barat, dekat Qalqilya, adalah wilayah yang didominasi oleh kaum tani dengan populasi sekitar 5,000 jiwa. Setengah dari jumlah tersebut berusia di bawah 25 tahun.

BY 4adminEdited Mon,14 Aug 2017,12:20 PM
9.jpg

Welcome to Palestine - Gaza City

Tepi Barat, SPNA – Jayyous, sebuah desa di wilayah utara Tepi Barat, dekat Qalqilya, adalah wilayah yang didominasi oleh kaum tani dengan populasi sekitar 5,000 jiwa. Setengah dari jumlah tersebut berusia di bawah 25 tahun.

Bersama masyarakat lokal, oraganisasi SkateQilya dan SkatePal – yang memperkenalkan skateboard di Palestina- sedang beupaya membangun sebuah taman berstandar internasional di Jayyous, Palestina.

Pada September mendatang, sukarelawan dan profesional, di bawah kedua organisasi skateboard di atas, akan memulai sebuah proyek yang akan menghadirkan ruang yang aman bagi masyarakat, agar masyarakat bisa menikmati dan mengunjunginya di tahun-tahun mendatang.

Rencanaya, pembnagunannya akan berlangsung selama enam bulan, yang dimulai pada pertengahan September dengan melibatkan 20 sukarelawan.

Sejauh ini, SkatePal dan SkateQilya menginvestasikan £15,000 untuk pembangunan Jayyous Skatepark. Mereka bermaksud menambah £10,000 untuk penyelesaian proyek tersebut. Jika target itu tercapai, tim akan memberikan sentuhan akhir pada taman tersebut berupa; penambahan pencahayaan dan tempat berteduh sehingga para pengunjung bisa bermain skateboard sepanjang tahun- terlebih di tengah musim panas yang melanda wilayah Palestina.

Arena skteboard yang terletak di sekolah menengah utama di pusat Jayyous ini, menjadikannya mudah diakses oleh kaum muda di desa dan sekitar area tersebut. SkatePal maupun SkateQilya memberdayakan anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan melalui skateboard.

Dalam beberapa tahun terakhir, skateboard telah menjadi olah raga yang berkembang di wilayah pendudukan. Demikian pula di desa Jayyous, anak laki-laki maupun perempuan, dengan senang hati memainkan olah raga tersebut.

Charlie Davis, pendiri SkatePal, mengatakan, “Skateboard telah menjadi oleh raga yang mendunia. Ia telah menghilangkan kesenjangan anata kelas, ras, usia dan jenis kelamin.”

Kedua organisasi tersebut melihat bahwa skateboard tidak hanya sekedar trik dan lompatan, tapai menajdi sebuah kesempatan untuk memberdayakan kaum muda Palestina hal-hal yang menunjang kreatifitas. (T.RA/S: Welcome to Palestine)

leave a reply
Posting terakhir