Sosialis Internasional Terkejut Atas Kekerasan Teru-Menerus Pemukim Yahudi Terhadap Warga Palestina

SI mengutuk kekerasan tersebut dan meminta semua pihak menahan diri dari tindakan lebih lanjut yang menimbulkan lebih banyak kekerasan dan korban.

BY 4adminEdited Thu,16 Mar 2023,11:27 AM

Ramallah, SPNA – Sosialis Internasional (SI) mengatakan terkejut dengan kekerasan yang terus berlanjut dan serangan pemukim Israel terhadap warga Palestina di Huwara (di Nablus) dan kota-kota lain.

“Israel, sebagai kekuatan pendudukan, harus memastikan bahwa penduduk sipil dilindungi dan para pelaku dimintai pertanggungjawaban,” kata SI dalam sebuah pernyataan dilansir dari media lokal resmi Palestina, WAFA.

SI mengutuk kekerasan tersebut dan meminta semua pihak menahan diri dari tindakan lebih lanjut yang menimbulkan lebih banyak kekerasan dan korban.

“Kekerasan lebih lanjut hanya akan merugikan warga Palestina dan Israel yang tidak bersalah dan hanya menguntungkan mereka yang tidak memiliki kepentingan dalam perdamaian.”

Organisasi Dunia yang bertujuan untuk membangun sosialisme demokratis itu turut menyatakan kecamannya yang keras terhadap seruan menteri keuangan Israel untuk menghapus kota Palestina Huwara dan meminta otoritas Israel untuk menolak kata-kata yang merupakan hasutan untuk membenci dan kekerasan yang secara khusus ditujukan pada penduduk Palestina.

SI juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendukung sepenuhnya solusi dua negara yang disepakati secara internasional untuk konflik Palestina-Israel, dan hak sah rakyat Palestina atas negara merdeka mereka di perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, hidup damai dan aman berdampingan dengan Israel.

“SI tetap berkomitmen untuk bekerja dengan partai-partai anggotanya di Palestina dan Israel, yang suaranya paling menonjol untuk perdamaian dan solusi dua negara. Dukungan dan keterlibatan masyarakat internasional dalam mendukung perdamaian Timur Tengah dan pengakuan negara Palestina tetap penting. SI akan terus bertindak untuk mendukung hak kedua bangsa untuk hidup damai dan akan mengutuk setiap tindakan yang melanggar hukum internasional.”

SI menegaskan kembali solidaritas dan dukungannya dengan perlawanan tanpa kekerasan Palestina dalam mengejar hak mereka untuk hidup damai.

“Penggusuran keluarga Palestina dan penghancuran rumah mereka di Yerusalem Timur dan di seluruh Wilayah Pendudukan Palestina harus dihentikan.”

Sosialis Internasional meminta semua partai anggotanya, anggota parlemen, kepala pemerintahan, dan semua kekuatan progresif di seluruh dunia untuk bertindak dan bersuara keras dalam membela keadilan, hak asasi manusia, dan hukum internasional di Palestina.

Di samping Organisasi tersebut ikut memberikan seruan agar mempertahankan solusi dua negara dan proses perdamaian yang bermanfaat untuk mewujudkan perdamaian yang komprehensif, adil, dan abadi untuk Palestina dan Israel.

(T.HN/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir