Menteri Pekerjaan Umum Palestina: Perlu 16 Juta Dolar untuk Rekonstruksi Jenin Pasca Agresi Israel

Kerusakan yang dicatat oleh Kementerian Pekerjaan Umum meliputi bangunan dan jalan serta infrastruktur dasar seperti jaringan air dan sanitasi.

BY 4adminEdited Sat,08 Jul 2023,03:28 AM

Ramallah, SPNA - Menteri Pekerjaan Umum Palestina, Mohamed Ziara, mengatakan bahwa diperukan dana sebesar 15,5 juta dolar untuk merekonstruksi bangunan dan jalan di kota Jenin dan kamp pengungsinya pasca agresi Israel baru-baru ini.

Ziara mengungkapkan bahwa kerusakan yang dicatat oleh Kementerian Pekerjaan Umum meliputi bangunan dan jalan serta infrastruktur dasar seperti jaringan air dan sanitasi.

Dijelaskannya bahwa proses rekonstruksi meliputi pembongkaran total empat bangunan dengan biaya mencapai 1,5 juta dolar, kerusakan sebagian pada 25 bangunan dengan biaya 2 juta dolar, kerusakan sebagian pada 250 unit rumah dengan biaya 2,5 juta dolar, dan kerusakan pada 150 bangunan komersial. dan bangunan layanan yang mencapai 5 juta dolar, ditambah kerusakan parah pada masjid dengan biaya 1 juta dolar, sehingga jumlah total yang dibutuhkan untuk rekonstruksi bangunan menjadi 12 juta dolar.

Mengenai jalan, Ziara mengatakan, tentara Israel membuldoser jalan sepanjang lima kilometer di dalam kamp pengungsi Jenin dan biaya perbaikannya mencapai 1,5 juta dolar, sementara bangunan di sekitarnya yang rusak sebagian juga perlu diperbaiki.

Menteri tersebut mengatakan, tim kementerian telah segera memulai rencana penyelamatan untuk menangani dampak dari agresi Israel dengan membuka jalan dan mengamankan bangunan yang runtuh agar tidak membahayakan warga, dan akan berlanjut sampai semua tugas ini selesai.

Dia menunjukkan bahwa sisa-sisa tentara Israel tetap berada di kamp-kamp, ​​termasuk bahan peledak, dan staf kementerian serta tim pertahanan sipil bekerja untuk memindahkannya dengan aman.

Israel menarik diri dari Jenin pada Selasa malam setelah operasi militer dua hari di mana setidaknya 12 warga Palestina tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Sekita 80 persen rumah rusak dalam serangan Israel tersebut.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir