Buntut Genosida di Gaza, ICC Diprediksi Keluarkan Surat Penangkapan Terhadap Pejabat Pemerintah Israel, Netanyahu Sibuk Cari Bantuan

Channel 12 Israel mengungkapkan pada Kamis malam (18/04/2204) bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengkhawatirkan kemungkinan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag akan mengeluarkan perintah penangkapan terhadap dirinya dan pejabat Israel lainnya terkait kasus pelanggaran perang di Gaza.

BY 4adminEdited Fri,19 Apr 2024,05:05 AM
ICC Diprediksi Keluarkan Surat Penangkapan Terhadap Pejabat Pemerintah Israel, Netanyahu Sibuk Cari Bantuan

Jalur Gaza, SPNA - Channel 12 Israel mengungkapkan pada Kamis malam (18/04/2204) bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengkhawatirkan kemungkinan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag akan mengeluarkan perintah penangkapan terhadap dirinya dan pejabat Israel lainnya terkait kasus pelanggaran perang di Gaza.

Pada Selasa sebelumnya, terjadi cekcok sengit di Kantor Perdana Menteri yang melibatkan pejabat sayap kanan Israel. Detailnya masih dirahasiakan, tetapi muncul skenario yang menimbulkan kekhawatiran serius tentang kemungkinan dikeluarkannya surat perintah penangkapan dari ICC terhadap pejabat Israel, termasuk Netanyahu sendiri.

Elit politik dan hukum tertinggi di Israel dilaporkan hadir dalam diskusi tersebut. Channel 12 Israel mengindikasikan bahwa alasan di balik potensi surat perintah penangkapan internasional tersebut adalah “perang di Gaza”.

Netanyahu dilaporkan telah meminta intervensi dari Menteri Luar Negeri Inggris dan Jerman untuk mencegah dikeluarkannya surat perintah penangkapan oleh ICC. Dia menjelaskan bahwa Tel Aviv telah menerima informasi yang menunjukkan bahwa ICC kemungkinan besar akan mengeluarkan perintah tersebut, mungkin pada akhir bulan depan.

Perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan pejabat pendukungnya berkaitan dengan isu krisis kemanusiaan di Jalur Gaza dan tuduhan bahwa Israel melanggar hukum internasional, termasuk perlakuan terhadap penduduk sipil di Jalur Gaza yang dianggap melanggar Prinsip Keempat Konvensi Jenewa.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir

Surat-surat musim dingin Bag. 1

Gaza - SPNA - Sudah lebih satu dekade, warga Gaza hidup dalam minimnya suplai listrik, sejak Israel menghancurkan pembangkit listrik di wilayah tersebut pada tahun 2006.