Secara statistik, kekuatan militer Mesir berada di atas Israel

Laporan dari situs yang mengekspos kelengkapan militer internasional, globalfirepower, menyebutkan bahwa Mesir merupakan negara dengan jumlah pesawat tempur terbanyak di Timur Tengah.

BY adminEdited Sat,24 Aug 2019,12:20 PM

Ramallah

Ramallah, SPNA – Klasifikasi terbaru terkait kekuatan militer yang dimiliki oleh negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, tempatkan Mesir di posisi teratas sebagai negara dengan jumlah pesawat militer terbanyak.

Kesimpulan tersebut diambil dari laporan situs globalfirepower yang menyebutkan Mesir memiliki 1092 unit pesawat militer. Angka yang menempatkan Mesir di posisi ke-9 di antara negara internasional lainnya.

Posisi ke-10 diambil oleh Turki yang memiliki 1067 unit pesawat militer. Sedangkan Israel berada di posisi 18 dengan 595 pesawat tempurnya.

Dalam urutan negara Arab sendiri, setelah Mesir di posisi pertama, ada Arab Saudi di peringkat ke dua, Aljazair di posisi ke tiga dan UEA di peringkat ke empat.

Secara global, Amerika Serikat berada di puncak dengan 13.398 unit pesawat tempur. Kemudian posisi tersebut diikuti Rusia dengan jumlah pesawat tempur 4.078 unit, kemudian Cina 3.187 unit, India 2.082 unit dan Korea Selatan 1.614 unit.

Namun demikian, kekuatan udara Israel tidak dapat dianggap enteng. Situs The National Interest pernah menyebutkan bahwa F-35 yang dimiliki Israel merupakan yang paling berbahaya di kawan Timteng.

Ia juga dianggap lebih mengancam dibandingkan F-4 Iran dan MiG milik Suriah.  Senjata Israel itu  disebutkan dapat mengancam sistem pertahanan udara Suriah yang diperkuat S-300 dan Pantsir.

Untuk saat ini, militer Israel telah memiliki sembilan unit pesawat tempur F-35. Jumlah tersebut disebutkan akan bertambah menjadi 50 unit dalam tiga tahun ke depan.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply