Empat Warga Amerika Menggugat Sejumlah Menteri Israel di Pengadi

BY Rizky SyahputraEdited Mon,04 Jul 2016,12:04 PM

Empat Warga Amerika  Menggugat Sejumlah Menteri Israel  di Pengadilan akibat kerbutalan atas Kapal Mavimarmara.

Tel Aviv –Suarapalestina Menteri Kehakiman Israel Eilet Shaked pada minggu lalu menerima copyan berkas  perkara perihal kompensasi yang diajukan oleh 4 orang warga Amerika yang pernah berada dalam salah satu kapal “Armada Pembebasan” yang diserang oleh angkatan laut Israel. Akibat serangan tersebut,  10 orang meninggal dunia, dan  mayoritas mereka adalah  warga negara Turky.

Empat orang warga Amerika ini memperkarakan Menteri Kehakiman Shaked karena dialalah yang bertanggungjawab telah merestui penyerangan kapal tersebut dalam kapasitasnya sebagai menteri kehakiman kala itu. Selain Shaked sejumlah menteri lain pada pemerintah Netanyahu   juga ikut diperkarakan hanya saja nama-namanya belum disebut oleh surat kabar Yediot Ahranot yang masuk ke redaksi pada hari Ahad, (3/7/2016).

Dalam surat dakwaan yang diajukan empat warga Amerika yang semuanya penduduk kota Washington Dicy ini tertera, “Israel wajib membayar ganti rugi kepada kami atas tindak kriminal perang yang telah dilakukannya pada penyerangan kapal kemanusiaan Turky, disamping blokade laut yang mereka berlakukan untuk Jalur Gaza.”

Keempat-empatnya waktu itu ikut dalam pelayaran kapal “Challenger” yang membawa bendera Amerika  dan sebagai bagian dari  “Armada Pembebasan.”

 

Menanggapi tuntutan hukum ini, Menteri Shaked mengatakan, “Ini tuntutan mengada-ngada, mereka seenaknya saja mengajukan tuntutan hukum.  Saya yakin pengadilan Amerika tidak akan menggubris masalah ini.

leave a reply
Posting terakhir

Laporan: Jaksa Baru ICC Mungkin akan Terus Menggugat Israel

Sebagai jaksa baru, Karim Khan akan memutuskan langkah selanjutnya dalam penyelidikan kejahatan perang di Afghanistan dan Israel yang dilakukan selama serangan Israel 2014 di Gaza, serta pembangunan permukiman ilegal Israel di wilayah Tepi Barat yang diduduki.