Soal Serangan Mematikan Terhadap Relawan Kemanusiaan, Israel: Itu Disebabkan Kesalahan Identifikasi oleh Kami

“Itu adalah kesalahan yang terjadi setelah kesalahan identifikasi – pada malam hari saat perang dalam kondisi yang sangat kompleks. Kata Herzi Halevi, Letnan Jenderal dari kemiliteran Israel.

BY 4adminEdited Thu,04 Apr 2024,04:11 AM
Herzi.JPG

Tel Aviv, SPNA – Panglima militer Israel mengatakan serangan mematikan Israel yang menewaskan tujuh pekerja bantuan dari Central World Kitchen di Gaza adalah akibat dari “kesalahan identifikasi dalam kondisi yang kompleks”.

Mengumumkan hasil penyelidikan awal, Letnan Jenderal Herzi Halevi menyatakan penyesalannya dan menyebut serangan itu sebagai “kesalahan besar”.

“Itu adalah kesalahan yang terjadi setelah kesalahan identifikasi – pada malam hari saat perang dalam kondisi yang sangat kompleks. Seharusnya hal itu tidak terjadi,” ujarnya. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Helvi mengatakan sebuah badan independen akan melakukan “investigasi menyeluruh” yang akan selesai dalam beberapa hari mendatang. Dia menambahkan tentara Israel menghargai “pekerjaan penting” dari Dapur Pusat Dunia.

Tujuh relawan yang terlibat dalam misi pendistribusian bantuan untuk warga Gaza yang diblokade oleh Israel, Senin (01/04/2024), tewas akibat serangan Israel di wilayah Deir Al-Balah. Sebagian dari mereka berasal dari Polandia, Australia, Inggris dan Palestina.

Kelompok Kemanusiaan Internasional World Central Kitchen (WCK) tempat mereka bernaung dalam postingan resminya menuliskan bahwa anggotanya tersebut tewas akibat serangan Israel.

“Kami mengetahui laporan bahwa anggota tim World Central Kitchen terbunuh dalam serangan IDF saat bekerja untuk mendukung upaya pengiriman makanan kemanusiaan kami di Gaza. Ini adalah sebuah tragedi.”

WCK juga menyayangkan jika ada pihak yang tidak bisa memberikan perlindungan bahkan untuk petugas kemanusiaan. “Pekerja bantuan kemanusiaan dan warga sipil JANGAN PERNAH menjadi sasaran. PERNAH.”

(T.H/S: Aljazeera)

leave a reply
Posting terakhir