Pasukan Israel Bunuh 3 Warga Palestina dalam Serangan Besar-besaran di Nablus

Tentara melakukan serangan di kamp pengungsi Balata saat subuh hari, yang berujung pada konfrontasi bersenjata dengan penduduk

BY 4adminEdited Tue,23 May 2023,03:20 AM

Tepi Barat, SPNA - Tentara Israel melakukan serangan besar-besaran di sebuah kamp pengungsi di Tepi Barat yang diduduki pada hari Senin (22/05/2023), yang menewaskan tiga warga Palestina dan melukai enam lainnya.

Sejumlah besar pasukan Israel, disertai dengan buldoser, menyerbu kamp pengungsi Balata di dekat kota Nablus. Mereka melepaskan tembakan yang menyebabkan konfrontasi bersenjata dengan warga Palestina.

Kementerian kesehatan Palestina mengidentifikasi tiga pria yang tewas sebagai Mohammed Zaytoun (32), Fathi Rizk (30), dan Abdullah Abu Hamdan (24). Salah satu yang terluka berada dalam kondisi kritis, ungkap Bulan Sabit Merah Palestina.

Saksi mata mengatakan, tembakan dan ledakan keras mengguncang kamp, ​​sementara pasukan Israel mengerahkan penembak jitu di atas atap, dan mencegah ambulans dan petugas medis memasuki kamp untuk mengevakuasi yang terluka, menurut kantor berita Wafa.

Orang-orang Israel juga menyerbu puluhan rumah di kamp tersebut, merusaknya saat mereka menggeledah isinya.

"Kami mendengar suara tentara, jadi kami menutup pintu rumah dan duduk di kamar. Hanya dua menit kemudian, mereka mendobrak pintu dan sekitar 50 tentara menyerbu rumah kami," kata Um Ali Awais kepada Middle East Eye.

"Mereka tidak mengizinkan kami untuk pindah dan berurusan dengan kami seolah-olah kami adalah domba. Mereka menempatkan kami di salah satu kamar dan kemudian membawa kami ke dapur. Saya merasa jantung saya berhenti karena ketakutan. Mereka bahkan tidak biarkan aku minum air."

Enam orang Palestina ditangkap dan diborgol ke kendaraan militer setelah penggerebekan rumah, termasuk penyerangan terhadap pemilik dan intimidasi terhadap wanita dan anak-anak.

“Saat penggerebekan rumah, kami mendengar tembakan senjata berat dan jeritan pemuda memanggil ambulans. Kami tidak tahu pada saat itu apa yang terjadi karena kami terjebak di rumah kami. Namun, kami kemudian mengetahui bahwa tiga pemuda ditembak mati oleh tentara," kata Ummu Ali.

Setidaknya 117 warga Palestina telah dibunuh oleh pasukan Israel di Tepi Barat sepanjang tahun ini, dengan 34 lainnya tewas di Gaza. Sebanyak 18 orang Israel telah dibunuh oleh orang Palestina selama periode yang sama.

"Apa yang terjadi malam ini di kamp pengungsi Balata adalah pembantaian yang sebenarnya dan kelanjutan dari perang total yang telah diumumkan Israel terhadap warga Palestina," kata juru bicara kepresidenan Palestina Nabil Abu Rudeineh.

Laporan lokal mengatakan bahwa pasukan Israel menghancurkan rumah keluarga Abu Shallal, tanpa memberi tahu keluarga tetangga, mengakibatkan kerusakan material pada rumah di sekitarnya dan melukai dua orang, termasuk seorang remaja perempuan.

Tentara Israel mencegah ambulans memasuki kamp, ​​memaksa petugas medis untuk mengambil rute alternatif yang lebih panjang untuk mencapai yang terluka.

“Kami menerima banyak laporan tentang korban, tetapi semua pintu masuk ke kamp ditutup. Kami mencoba berkoordinasi melalui Palang Merah untuk menjangkau mereka, tetapi pasukan pendudukan Israel tidak menanggapi,” tambah Jibril.

Karena banyaknya panggilan yang diterima Bulan Sabit Merah, petugas ambulans tidak bisa lagi menunggu dan terpaksa masuk dengan risiko sendiri, dengan satu ambulans datang di bawah tembakan Israel.

"Kami tiba di sebuah rumah di mana empat orang terluka. Dua dalam kondisi sangat serius dan dinyatakan meninggal di rumah sakit, sedangkan dua lainnya stabil," kata Jibril.

Sebuah tim medis berusaha menyelamatkan pemuda lain dalam perjalanan ke rumah sakit, tetapi jalan mereka diblokir sekali lagi, dan pria itu meninggal karena luka-lukanya.

(T.RA/S: MEE)

leave a reply
Posting terakhir