Palestina Peringatkan 'Perang Agama' Pasca Kunjungan Ben-Gvir ke Masjid Al-Aqsa

Juru bicara PA menekankan bahwa tindakan Ben-Gvir "tidak akan memaksakan kedaulatan Israel atas situs tersebut."

BY 4adminEdited Mon,22 May 2023,12:33 PM

Yerusalem, SPNA - Otoritas Palestina (PA) mengecam keras kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, Anadolu Agency melaporkan.

Ben-Gvir memaksa masuk ke lokasi konflik pada Minggu (21/05/2023) pagi di bawah perlindungan polisi Israel.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada hari yang sama, juru bicara PA Nabil Abu Rudeineh mengungkapkan, "Setiap kerusakan Masjid Al-Aqsa adalah permainan api dan akan menyeret kawasan itu ke dalam perang agama dengan konsekuensi yang tidak diinginkan, yang akan mempengaruhi semua orang."

Ia menekankan bahwa tindakan seperti itu "tidak akan memaksakan kedaulatan Israel atas situs tersebut."

Juru bicara Palestina mengimbau tindakan segera dari AS dan masyarakat internasional untuk mempertahankan status quo di kompleks Al-Aqsa.

Status quo memungkinkan umat Islam untuk beribadah di kompleks Al-Aqsa dan pengikut agama lain untuk mengunjungi situs tersebut.

Sejak tahun 2003, Israel telah mengizinkan pemukim memasuki kompleks tersebut hampir setiap hari kecuali hari Jumat dan Sabtu.

Bagi umat Islam, Al-Aqsa mewakili situs tersuci ketiga Islam. Orang Yahudi menyebut daerah itu Temple Mount, dengan mengatakan bahwa itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967.

Israel menganeksasi seluruh kota pada tahun 1980 dalam suatu langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir